Rabu, 01 Maret 2017

Cara Mengetahui Merk Dan Model Motherboard Anda



Ada banyak alasan mengapa anda perlu untuk mencari merk motherboard anda dan nomor modelnya. Untuk mencari update driver atau BIOS adalah hal yang biasa, tetapi anda juga ingin mengecek kompatibilitas dengan hardware lainnya, mencari tahu spesifikasi, atau hanya mencari pengganti identic. Dan dengan PC dan laptop OEM tidak selalu tepat dengan hasil cek di keterangan yang terdapat di kotak pembungkus barang motherboard anda.

1. Metode Biasa
Mungkin cara tercepat dan termudah untuk mencari tahu model motherboard anda adalah dengan menggunakan system utility info windows sendiri. User Windows 10 dapat mengakses menu ini lewat  “Start” dan ketik "System Information" dan pilih aplikasi. Cara alternatifnya adalah, tekan Windows key + R untuk membuka kotak jendela “Run”, lalu ketik “msinfo32” dan pencet Enter. Yang masih menggunakan Windows 7 , dapat menggunakan Run command diatas, atau diantara Start menu dan  klik di All Programs > Accessories > System Tools, lalu pilih System Information utility. Di dalam System Information anda akan menemukan model dan pembuat motherboard anda di System Summary section:

2. Software Pihak ketiga
Tidak hanya sebatas system profile dari software pihak ketiga saja yang free, tetapi juga mereka juga  menawarkan banyak informasi sistem secara mendalam kesemuanya dalam satu tempat. Yang paling populer dan bisa dibilang yang terbaik adalah CPU-Z, yang dapat anda download disini. Anda akan tahu lebih banyak tentang informasi hardware anda dengan menggunakan CPU-Z dibandingkan dengan yang tersedia di utilitas windows asli, sehingga CPU-Z menjadi tool yang harus dimiliki oleh para kalangan penggemar PC.

Beberapa software yang cukup baik untuk mengidentifikasi model motherboard anda adalah Belarc Advisor yang juga menawarkan sumber informasi detail. Seperti halnya CPU-Z, software ini menganalisis suatu sistem untuk membangun sebuah profil hardware yang terpasang di PC, tetapi juga mencakup ringkasan software sistem anda. Bahkan menunjukkan beberapa update perbaikan terbaru dan update sistem keamanan yang hilang dari microsoft. Perbedaan lainnya adalah bahwa hasil temuan disajikan di dalam browser web anda. Anda dapat mendownloadnya disini.

Ada software utilitas info keren lain yang disebut Speccy, yang berasal dari Piriform, yaitu si pembuat aplikasi CCleaner yang populer itu. Anda akan menemukan informasi lebih dari apa yang didapatkan dari ultility yang tersedia di Windows, dan juga ada bonus tambahannya yaitu fitur untuk menampilkan suhu setiap komponen anda. Anda dapat men-download Speccy disini.

3. Command Prompt
Jika anda sedikit ingin dengan cara agak "old school", anda dapat menemukan model motherboard dengan melalui command prompt menggunakan Windows instrumentasi Command-line (WMIC). Buka command prompt, baik melalui menu run (WIN + R) menggunakan cmd.exe, atau melalui menu Start dan juga menu alternatif (WIN + X), atau untuk pengguna windows 10 bisa menggunakan Cortana. Kemudian ketik:

wmic baseboard get product,manufacturer,version,serialnumber

Setelah berhasil, nantinya akan muncul informasi board manufacturer, model number, versi, dan nomor serial jika tersedia.


4. Identifikasi Visual
Metode ini bisa dipakai jika anda punya motherboard lama yang sudah tergeletak tapi kotak pembungkusnya sudah hilang. Hampir semua mobo modern memiliki nomor model tertulis di suatu tempat di plat mobonya. Meskipun pada beberapa mobo tua ini jarang tertulis atau mungkin dikaburkan oleh komponen - komponenya, sehingga untuk menemukannya membutuhkan pekerjaan ekstra. Atau mungkin dicetak pada selembar kertas yang ditempel, dan jangan heran jika nama produsen tidak muncul di beberapa papan mobo. Setelah anda menemukan nomor model motherboardnya, anda bisa memperbarui driver mobo anda. dengan mengunjungi situs manufakturnya dan cari nomor model mobo anda di library situs manufaktur tersebut.



2 komentar: