Rabu, 26 April 2017

15 Istilah Dasar Internet Yang Harus Anda Ketahui


Internet pada dasarnya adalah, jaringan terorganisir yang sangat besar dari kumpulan beberapa jaringan komputer yang lebih kecil di setiap negara di seluruh dunia.Jaringan dan komputer ini semua terhubung satu sama lain, dan berbagi data dalam jumlah besar melalui protokol yang disebut TCP / IPC yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dengan cepat dan efisien. Saat anda menggunakan internet, ada beberapa istilah umum yang anda akan temukan dan kita akan membahasnya dalam artikel ini. Inilah 15 istilah internet dasar bagi semua pengguna yang anda harus biasakan diri.

1. WHOIS

Akronim  WHOIS , bentuk singkat dari kata-kata "WHO" dan "IS", adalah Internet utilitas yang digunakan untuk mencari database DNS yang besar (Domain Name System) dari nama domain ,  alamat IP , dan  server Web .

Sebuah pencarian WHOIS dapat menghasilkan informasi berikut:
  •     Apakah nama domain tertentu telah terdaftar ke orang, organisasi, atau bisnis
  •     Nama, alamat, dan nomor telepon pemilik nama domain
  •     Informasi teknis tentang domain atau server Web yang sudah terdaftar
  •     Tanggal pembelian dan pendaftaran nama domain
  •     Alamat email
Juga dikenal sebagai:  lookup ip, dns lookup, traceroute, domain lookup

2. Password

Dalam konteks Web, sebuah password adalah kesatuan huruf, angka, dan / atau karakter khusus yang digabungkan menjadi satu kata atau frase, yang dimaksudkan untuk mengotentikasi entry, pendaftaran, atau keanggotaan satu pengguna di situs Web. Password yang paling berguna adalah sesuatu yang tidak mudah ditebak, dirahasiakan, dan sedikit unik.

3. Domain

Meruakan sebuah nama domain yang unik,dan bagian yang berbasis abjad dari URL. Nama domain ini dapat resmi terdaftar dengan registrar domain oleh perorangan, bisnis, atau organisasi non-profit. Sebuah nama domain terdiri dari dua bagian:

  •  Sebenarnya kata abjad atau frase; misalnya, "widget"
  • Tingkat atas nama domain yang menunjuk apa jenis situs itu adalah; misalnya, .com (untuk    domain komersial), .org (organisasi), .edu (untuk lembaga pendidikan).
Menempatkan dua bagian bersama-sama dan anda akan memiliki nama domain: " widget.com ".

3. SSL

SSL merupakan singkatan  dari Secure Socket Layer . SSL adalah protokol pengaman enkripsi Web yang digunakan untuk membuat data aman ketika ditransmisikan melalui Internet. SSL terutama digunakan di situs belanja untuk menyimpan data keuangan tetap aman tetapi juga digunakan pada setiap situs yang memerlukan data sensitif (seperti password). Pengguna website akan tahu bahwa SSL sedang digunakan di situs web tersebut ketika mereka melihat HTTPS di URL halaman web.

5. Crawler

Istilah  crawler  adalah kata lain untuk laba-laba dan robot. Ini pada dasarnya adalah program perangkat lunak yang merangkak ke Web dan situs indeks informasi untuk digunakan sebagai database mesin pencari.

6. Proxy Server

Sebuah  server proxy  adalah  server Web  yang bertindak sebagai perisai untuk pencari Web, menyembunyikan informasi yang relevan (alamat jaringan, lokasi, dll) dari situs Web dan pengguna jaringan lainnya. Dalam konteks Web, server proxy biasa digunakan untuk membantu dalam  berselancar  secara anonim , dimana proxy server bertindak sebagai penyangga antara pencari dan situs Web yang dimaksud, yang memungkinkan pengguna untuk melihat informasi tanpa dilacak.

7. Temporary Internet Files

Temporary Internet Files sangat penting dalam konteks pencarian Web. Setiap halaman Web yang dikunjungi pengguna akanmenyimpan data (halaman, video, audio, dll) dalam folder file tertentu pada hard drive komputer mereka. Data ini  akan di cache sehingga berikutnya saat pengguna mengunjungi halaman Web yang sama, akan dimuat dengan cepat dan efisien karena banyak data telah dimuat melalui Temporary Internet Files dan bukan dari server situs Web.

Temporary Internet Files secara berkala dapat mengambil sedikit ruang memori pada komputer anda, jadi penting untuk membersihkannya sekali- kali.

8. URL

Setiap situs Web memiliki alamat yang unik di Web, yang dikenal sebagai URL . Setiap situs web memiliki URL, atau Uniform Resource Locator, yang ditugaskan untuk itu.

9. Firewall

Sebuah firewall adalah ukuran keamanan yang dirancang untuk menjaga agar pihak tidak berkepentingan seperti komputer, pengguna, dan jaringan luar untuk mengakses data pada komputer lain atau jaringan. Firewall sangat penting untuk pencari Web karena mereka berpotensi dapat melindungi pengguna dari spyware berbahaya dan hacker yang tiak sengaja ditemui saat online.

10. TCP / IP

Akronim  TCP / IP  singkatan  Transmission Control Protocol / Internet Protocol . TCP / IP adalah kesatuan dasar protokol untuk mengirim data melalui Internet.

11. Offline

Istilah offline mengacu kepada terputusnya koneksi ke internet .Banyak orang menggunakan istilah "offline" untuk merujuk untuk melakukan sesuatu di luar internet juga, misalnya, percakapan dimulai pada  Twitter  bisa dilanjutkan di sebuah kedai kopi lokal, alias, "offline".

Alternatif Ejaan:  off-line

12. Web Hosting

Sebuah host web adalah bisnis / perusahaan yang menawarkan ruang, penyimpanan, dan konektivitas untuk memungkinkan sebuah situs web untuk dilihat oleh pengguna internet.

Web hosting  biasanya mengacu pada bisnis hosting ruang untuk situs web yang aktif. Sebuah layanan web hosting menyediakan ruang pada  server web , serta koneksi Internet langsung, sehingga website dapat dilihat dan berinteraksi dengan oleh siapa saja yang mempunyai koneksi ke Internet.

Ada banyak jenis web hosting, apa pun itu mulai dari situs satu halaman dasar yang membutuhkan hanya sedikit kecil ruang, semua jalan sampai ke pelanggan kelas enterprise yang membutuhkan seluruh pusat data untuk layanan mereka.

Banyak perusahaan web hosting menyediakan dashboard bagi pelanggan yang memungkinkan mereka untuk mengontrol aspek yang berbeda dari layanan web hosting mereka; ini termasuk FTP, sistem install konten manajemen yang berbeda, dan ekstensi paket layanan.

13. Hyperlink

Sebuah  hyperlink , yang dikenal sebagai blok bangunan yang paling dasar dari World Wide Web, adalah link (rantai) dari suatu dokumen, gambar, kata, atau halaman Web yang menghubungkan satu ke lainnya di Web. Hyperlink adalah bagaimana kita mampu "surfing", atau browsing berbagai halaman dan informasi di Web dengan cepat dan mudah.

14. Web Server

Istilah  Web Server  mengacu pada sistem komputer khusus atau dedicated server khusus dirancang untuk menjadi tuan rumah atau menyediakan layanan situs Web.

15. Alamat IP

Alamat IP  adalah sebuah tanda tangan alamat / nomor komputer anda yang terhubung ke Internet. Alamat ini diberikan dalam blok berbasis negara, sehingga (untuk sebagian besar) alamat IP dapat digunakan untuk mengidentifikasi dimana komputer berasal.

   

0 komentar:

Posting Komentar