Senin, 17 April 2017

Definisi URL Dan Bagian - Bagiannya



Situs web ditemukan berdasarkan alamat mereka di World Wide Web. Alamat ini dikenal sebagai URL, atau Uniform Resource Locator. Setiap website memiliki URL yang ditugaskan untuk alamat acuan, sehingga antara kedua pengguna dan server Web dapat menemukannya dengan cepat dan mudah.

Bagian - Bagian Dari URL
Contoh bagian - bagian URL dari http://websearch.about.com/od/dailywebsearchtips/qt/dnt0526.htm adalah contoh kita.

1. HTTP/HTTPs
http: //: "HTTP" adalah singkatan dari Hypertext Transfer (atau Transport) Protocol, dan merupakan teknologi identifikasi yang digunakan untuk berkomunikasi antara server Web dan pengguna layanan web untuk mengakses informasi dari web tersebut. Dalam beberapa URL, ada kemungkinan anda akan melihat "HTTPS", yang merupakan singkatan dari "Hyper Text Transfer Protocol Secure", sebuah teknologi pengamanan yang dikembangkan untuk menjaga transaksi dan informasi yang sensitif yang aman secara online. Ini merupakan bagian pertama dari URL yang menunjukkan protokol apa yang akan digunakan untuk menyampaikan informasi dari server ke pengguna layanan, dan di depan nama domain, dipisahkan oleh tanda ": //".Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

Sementara HTTPS pada dasarnya adalah konsep yang sama seperti HTTP, dimana “S” dimaknai sebagai pelabuhan, satu perbedaan besar antara keduanya adalah: keamanan. HTTPS singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure, dan bukan bertindak sebagai protokol lapisan aplikasi itu sendiri, melainkan menggunakan protokol terpisah yang disebut SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security). HTTP dan HTTPS bahkan tidak peduli dengan bagaimana informasi yang didapatnya dari poin A ke poin B; Namun, protokol SSL yang digunakan HTTPS memastikan bahwa perjalanan informasi melalui sebuah terowongan yang aman sampai ke tujuan, tanpa memperhatikan  dengan data aktual yang sedang dikirim. SSL juga mengenkripsi informasi yang sedang dikirim, yang berarti bahwa wajah sebenarnya dari data yang dikirim(nomor kartu kredit, informasi pribadi, dll) sangat sulit untuk dibobol. Jadi akan sangat susah bagi orang yang ingin menghack informasi tersebut. Saat ini, mayoritas web browser mendukung HTTPS untuk browsing internet yang lebih aman. Browser seperti Internet Explorer, Google Chrome, dan Firefox akan menampilkan ikon gembok untuk mengidentifikasi koneksi HTTPS aman ke sebuah situs web. Sama seperti dengan web browser, ada jutaan situs web yang mendukung HTTPS sehingga pengguna dapat melihat dan mengirimkan informasi secara aman tanpa takut diketahui oleh pihak ketiga .HTTPS menguntungkan pengguna dengan kecepatan lebih cepat daripada koneksi dari HTTP. Hal ini karena situs yang mendukung HTTPS telah disertifikasi bahwa dinyatakan aman dan hanya sebagai terowongan ke pengguna. Di sisi lain, HTTP tidak terenkripsi biasanya disaring, dicache, atau discan, yang berarti ada lebih banyak data yang dikirim dari browser.

2. Nama Domain
domain adalah representasi tekstual dari alamat IP, digunakan untuk mengidentifikasi halaman Web tertentu atau halaman, dan tertera setelah tanda ": //". Misalnya, salah satu alamat IP yang ditetapkan ke Facebook adalah 69.63.176.13; sebaliknya, nama domain untuk alamat IP Facebook adalah facebook.com. Setiap nama domain memiliki domain tingkat atas. Ini adalah akhiran sederhana melekat pada akhir nama domain yang menunjukkan tempat dalam hirarki nama domain. domain tingkat atas umum adalah .com, org, net, dan .gov.

3. Forward Slash (Garis Miring) Lalu Nama File
Merupakan path atau direktori pada komputer untuk file halaman website; yang dalam hal ini adalah "od / dailywebsearchtips / qt". Seperti layaknya lemari arsip, dengan folder yang digunakan untuk menyimpan topik, proyek, atau informasi tertentu. Informasi identitas ini hanya untuk mencari di mana file-file ini dapat ditemukan di dalam server Web, kemudian menampilkannya ke pengguna.

4. Nama File:
nama file biasanya berakhir di html atau htm. Nama file untuk file ini adalah "dnt0526"; bergerak mundur melalui URL kita dapat menyimpulkan bahwa file tersebut terletak pada sub-direktori yang disebut "qt", "dailywebsearchtips", dan "od", adalah pada nama domain "websearch.about.com", dan yang disampaikan kepada kita oleh protokol HTTP. URL juga dikenal sebagai alamat Web.

Sejarah URL 
Selain untuk membuat HTML, bahasa standar yang digunakan untuk membuat sebagian besar halaman di World Wide Web, dan hyperlink, koneksi teks terkait antara satu halaman web ke yang lain, Tim Berners-Lee yang juga idenya berasal dari Uniform Resource Locators, sistem organisasi yang memberikan setiap halaman web alamat locational unik secara online.

Beberapa Jenis URL
Ada berbagai macam jenis URL, serta istilah yang berbeda untuk menggambarkan seperti apa itu URL. Sebagai contoh:

Messy: Ini adalah contoh URL dengan banyak nomor kacau dan huruf di atasnya yang masuk seperti kategori organisasi kecil, yaitu, "http://www.example.com/woeiruwoei909305820580". Biasanya URL ini dihasilkan oleh komputer program yang menciptakan ribuan halaman Web pada nama domain yang sama.

Dinamis: Ini mirip seperti penjelasan sebelumnya yaitu "messy URL". URL dinamis adalah hasil akhir query database yang memberikan output konten berdasarkan hasil query. URL yang akhirnya tampak cukup kacau, alias "berantakan", dan sering kali berisi karakter berikut:?, &,%, +, =, $. URL dinamis sering ditemukan sebagai bagian dari situs konsumen didorong berdasarkan topik : belanja, perjalanan, atau apapun yang memerlukan pengubahan jawaban bagi banyak macam pertanyaan pengguna yang berbeda.

Statis: Sebuah URL statis adalah kebalikan dari URL dinamis. URL ini sudah "terprogram" ke dalam coding halaman Web HTML dan tidak akan berubah tergantung apapun permintaan pengguna.

Obfuscated: URL yang dikaburkan, atau disembunyikan, biasanya URL ini terutama digunakan dalam penipuan phishing. Pada dasarnya, sebuah URL yang akrab bagi pengguna kemudian terdistorsi ke dalam beberapa cara untuk membuatnya tampak sah seperti asli. pengguna akan dipancing  mengklik URL yang dikaburkan dan diarahkan ke situs web berbahaya.

Petunjuk Tentang Yang Terdapat Di Alamat Web
Ada banyak informasi yang bisa anda peroleh dari URL yang sederhana, termasuk:
  • Jenis server halaman Web-host
  • Tipe jenis organisasi dimana halaman Web berada
  • Dimana lokasi halaman web berada di belahan dunia
  • Nama-nama direktori di website
Dengan hati-hati dan teliti melihat bagian yang berbeda dari alamat Website, Anda dapat dengan cepat menemukan sedikit informasi yang berguna. Selain itu, dengan hanya menghapus bagian-bagian dari URL, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang website daripada apa yang hanya sebenarnya sebatas diakses publik.

Sebagai contoh:
http://www.widget.com/blog/music/: ini menunjuk ke sumber daya online, dan URL yang memberitahu anda bahwa yang memang menunjuk ke sebuah sumber online. Mari kita pergi lebih jauh kembali kebelakang. http://www.widget.com/blog/: Dengan bergerak mundur dalam URL dari kanan ke kiri, kita kita dapat melihat bahwa kita sekarang di bagian blog publikasi ini. http://www.widget.com: Merupakan Halaman rumah website.

Domain tingkat atas adalah bagian dari URL yang menentukan kategori kepemilikan situs (lembaga, pemerintah, bisnis, dll).Dan Ini juga mudah diingat karena selalu berada setelah tanda "." di alamat web, yaitu, .com, .edu, dan banyak lagi.

DNS merupakan singkatan dari Domain Name System. Sebuah domain yang adalah merupakan alamat unik di web yang mengidentifikasi salah satu situs web tertentu. Domain Name System merupakan bagian unik dari catatan nama domain; yang dimana mentranskripsi nama domain tekstual (seperti www.google.com) menjadi setara numerik mereka, yakni, alamat IP, untuk memudahkan jaringan komputer untuk menemukan alamat website melalui bahasa komputer numerik protokol.

Apakah ada berbagai jenis domain?
Ada berbagai jenis domain, termasuk:
  • .com: domain komersial, yang merupakan domain dengan kehadiran terbesar di internet
  • .org: organisasi, dapat menjadi berbagai semua jenis organisasi
  • .Gov: lembaga pemerintah, biasanya federal, tetapi bisa juga negara.
  • .edu: lembaga pendidikan
  • .net: Internet Service Provider atau jaringan
ekstensi web, juga dikenal sebagai nama domain tingkat atas, adalah bagian dari URL yang menentukan kategori dari kepemilikan url tersebut (lembaga, pemerintah, bisnis, negara, dll). Ekstensi Web yang paling terkenal adalah .com, .edu, .net, dan .org. Ada banyak ekstensi web yang lebih dari ini, misalnya, masing-masing negara juga memiliki ekstensi Web unik yang diberikan kepada mereka (.uk untuk Inggris, .fr untuk Perancis, dll).

apa yang dimaksud WWW ?
Waring Wera Wanua atau World Wide Web (disingkat sebagai WWW atau Web) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber - sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya. WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW atau biasa disebut Web adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip - arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai Web.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.


0 komentar:

Posting Komentar